Label

Kamis, 20 Juni 2013

Sifat dan macam bahan penghantar dan Isolator


Konduktor
Konduktor adalah suatu bahan yang dapat menghantarkan arus listrik.
Sifat bahan konduktor, yang termasuk bahan penghantar adalah bahan yang memiliki elektron bebas ini akan sangat berpengaruh pada sifat bahan tersebut. Jika suatu bahan listrik memiliki banyak electron bebas bahan ini memiliki sifat sebagai penghantar listrik. Bahan penghantar memiliki sifat penting :
1.       Daya hantar listrik
Arus yang mengalir dalam suatu penghantar selalu mengalami hambatan dari penghantar itu sendiri besar hambatan tersebut tergantung dari bahannya.
2.       Koefisien temperature hambatan
Bahan akan memuai jika temperature suhu naik dan akan menyusut jika suhu turun.
3.       Daya hantar panas
Menunjukkan jumlah panas yang melalui lapisan bahan tiap satuan waktu.
4.       Daya tegangan naik
Sifat mekanisme bahan sangat penting terutama untuk hambatan diatas tanah. Oleh sebab itu, bahan yang dipakai harus diketahui kekuatannya.
5.       Timbulnya daya elektro motoristermo
Sifat ini sangat penting sekali terhadap dua titik kontak yang terbuat dari dua bahan yang berlainan jenis, karna dalam suatu rangkaian arus akan menimbulkan daya elektro motoris bila terjadi perubahan suhu. Daya elektro motoris yang dibangkitkan oleh perbedaan temperature disebut dengan daya elektro motoris termo.

Isolator
Bahan yang disebut sebagai bahan isolator adalah bahan dielektrik, disebabkan jumlah elektron yang terikat oleh gaya tarik inti yang sangat kuat. Elektron-elektronnya sulit untuk bergerak bahkan sulit untuk berpindah walaupun telah terkena dorongan dari luar bahan isolator sering digunakan untuk bahan penyekat (dielektrik). Penyekat listrik dimasukkan agar listrik tidak dapat mengalir jika pada bahan tersebut diberi tegangan listrik untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut, diperlukan jenis bahan yang sesuai. Selain syarat tersebut juga diperlukan syarat yanglain yang dipertimbangkan untuk memenuhi pemakaiannya, antara lain :
a.       Sifat Kelistrikan
b.      Sifat Mekanis
c.       Sifat Termis

d.      Sifat Kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar